Rabu, 02 Januari 2013

Senja di Ujung Genteng


24 Desember 2012
Senja di Ujung Genteng



Jam 11 siang kami berangkat, jarak Ujung Genteng kira-kira 25 km dari rumah kakek teman saya. Perjalanan sebenarnya dapat kami tempuh dalam waktu 30-40 menit, tapi di tengah perjalanan kami memutuskan untuk mampir ke Villa Amanda Ratu. Dari pintu masuk  tempat ini tidak seperti villa kebanyakan, pos jaga yang kosong dan jalan yang sepi dengan lampu taman, dikelilingi deretan pohon kelapa disamping kanan kirinya. Tapi ternyata setelah saya kami sampai, kami disuguhi pemandangan yang indah. Ternyata ada pos jaga didalam. Dari villa ini kita dapat melihat laut dari atas, jarak pandang yang sangat luas untuk melihat keindahannya, tapi sayang airnya terlihat keruh dipinggirnya. Hanya sebentar kami disana, setelah dirasa cukup kami melanjutkan perjalanan ke Ujung Genteng.

Kondisi jalan dari villa Amanda Ratu menuju Ujung Genteng sudah mulai landai, tidak seperti sebelumnya. Jalan relatif sepi, tidak banyak kendaraan yang lewat pada hari itu. Kira-kira jam 1 siang  kami sampai di Ujung Genteng. Dari pinggir jalan tampak pantai dengan hamparan pasir putihnya dan perahu-perahu nelayan sedang berlabuh -seperti kebanyakan pantai di Indonesia-  di pantainya. Kami masuk dengan tarif 5000 untuk satu motor. Kami harus melewati hutan yang jalannya bisa dilalui motor bahkan mobil, jaraknya mungkin sekitar 1-2 km untuk sampai ke pantai. Sesekali terdengar kicauan burung dan seekor biawak terlihat melintas menyebrangi jalan. Dan ternyata tidak sia-sia perjalanan ini, sampai akhirnya kami sampai dan melihat hamparan pantai dengan pasir putih yang sangat luas. Suasana yang sepi, tidak banyak pengunjung yang datang pada hari ini, dan saya beruntung, karena suasana ini yang membuat saya merasa nyaman dan damai. Suasana yang jarang saya temui. Tidak seperti pantai-pantai yang pernah saya kunjungi. Sangat cocok menurut saya untuk tempat menenangkan diri. Jadi teringat, sebenarnya dia yang sangat suka pantai, andai saja.

Tanpa menunggu lama saya langsung jalan menyusuri pinggiran pantai dengan pasir putih. Airnya jernih, sehingga tampak segerombolan ikan kecil berenang-renang di pinggir pantainya. Hari ini sangat cerah dan cuaca bersahabat. Sesekali perahu nelayan melintas. Dari kejauhan terlihat ombak yang besar, tetapi tidak sampai memecah pantai. Banyak terlihat lubang-lubang kecil di putihnya pasir pantai, ternyata adalah rumah kepiting dan kerang-kerang kecil. Terkadang mereka keluar dari rumahnya dan melintas, ada juga yang masuk lagi setelah melihat dan memperhatikan keadaan diluar. Saat itu saya benar-benar ingin sendiri.

Tak terasa saya sudah menghabiskan banyak waktu, duduk dan melamun sendiri di pantai sambil memandang kejauhan. Laut lepas, langit biru, awan putih, dan perahu-perahu nelayan yang tampak kecil. Senja datang, langit mulai berubah kemerahan dan matahari mulai terbenam. It’s so beautiful.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar