Sabtu, 19 Januari 2013

4 Hari Untuk Selamanya (Part 1)

Jakarta – Wangon
28 Desember 2012

Rencana sebulan yang lalu akhirnya terlaksana juga malam ini. Berawal dari keinginan abang yang ingin mengajak anak dan istrinya ke baturaden. Kemudian membicarakan rencana ini kepada teman-teman yang lain. Rencana awal kami jalan sekitar 12 orang dengan menggunakan 2 mobil. Tapi pada akhirnya kami jalan hanya 8 orang menggunakan 1 mobil. Ada 2 alasan, pertama mobil sedang dipakai dan belum pulang, kedua si abang sedang sakit dan tak kunjung sembuh. Kami berangkat sekitar jam 8 malam dari Cimone, Tangerang. Tujuan pertama adalah kampung saya di Wangon, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Kami masuk tol Kebon Nanas ambil arah Jakarta, jalanan masih lancar. Kendaraan sudah mulai padat di bekasi barat hingga cikarang utama. Sampai saya terbangun tiba-tiba sudah keluar tol cikampek dan kondisi jalan macet. Hampir sepanjang perjalanan ini kami terjebak macet. Sedikit menyegarkan mata waktu melewati daerah Sukamandi, hehehe...

Perut lapar, cari makan dan kami mampir di pringsewu di daerah Indramayu. Pringsewu merupakan Restaurant Group yang berdiri sejak 1987, saat ini telah memiliki 15 Cabang, tersebar di 9 kota di Pulau Jawa, meliputi : Purwokerto, Jogjakarta, Solo, Banjar Patroman, Sumpiuh, Pemalang, Tegal, Cirebon, Indramayu dan Rembang. Restoran Pringsewu Indramayu terletak di pesisir pantai Indramayu. Keunggulan satu-satunya cabang Pringsewu yang memiliki view pantai ini adalah nuansa menu seafood, ikan marukoban, manisan, tape daun jambu dan masih banyak lagi. Tapi di malam yang dingin seperti ini menu yang enak adalah sup iga. Perut sudah terisi dan kami melanjutkan perjalanan lagi dan saya tertidur lagi, hahaha…

Saat terbangun tiba-tiba hari sudah pagi dan mobil sedang berhenti sejenak di pom bensin sebelum masuk tol kanci - pejagan. Kondisi jalan sangat lancar, kendaraan relatif sepi. Setelah pintu keluar tol pejagan kami belok kanan ke arah purwokerto. Disamping kanan kiri sepanjang jalan sudah mulai terlihat aktifitas masyarakat yang bertani. Kondisi jalan tidak terlalu bagus, banyak yang berlubang. Sesampainya di daerah Bumiayu kami berhenti sejenak untuk membeli durian, pagi-pagi harus sarapan durian, lumayan buat mengganjal perut, tapi efeknya kepala sedikit pusing.

Akhirnya kira-kira jam 10 kami sampai di Wangon. Perjalanan yang seharusnya kami tempuh sekitar 8 jam, kini harus kami tempuh sekitar 14 jam. Akhirnya saya kembali lagi ke kota ini. Kota kecil ini memiliki banyak kenangan untuk saya khususnya, 3 tahun saya menempuh pendidikan sekolah menengah pertama di kota ini. Di kota ini pula saya merasakan cinta pertama dalam hidup saya. Hahaha, curhat. Hal pertama yang saya lakukan adalah ziarah ke makan nenek saya, dia yang sudah merawat saya selama 3 tahun itu. Mengunjungi keluarga dan teman lama, tapi sayang saya tidak sempat bertemu dengan dia.

Sekitar jam 3 kami melanjutkan perjalanan ke Baturaden.