Minggu, 23 Agustus 2020

Bandwidth Management (Simple Queue)

QoS (Quality of Services) atau yang lebih dikenal dengan istilah Bandwidth Management bertujuan untuk mencegah terjadinya monopoli penggunaan bandwidth, sehingga semua klien yang terhubung dalam satu jaringan mendapatkan jatah sesuai porsinya masing-masing sesuai dengan yang sudah ditentukan.

Bandwidth (lebar pita) merupakan tingkat maksimum transfer data melintasi jalur yang diberikan. Analoginya seperti sebuah jalan, semakin lebar jalan itu semakin banyak pula kendaraan yang dapat melintas. Sebuah jalan yang lebar yang dilalui sedikit kendaraan pasti tidak akan terjadi kemacetan, sebaliknya sebuah jalan yang sempit yang dilalui banyak kendaraan pasti akan terjadi kemacetan. Kita analogikan jalan itu sebagai bandwidth dan kendaraan adalah data.

Di mikrotik untuk melakukan proses ini ada di menu Queue, bisa menggunakan Simple Queue atau Queue Tree. Pada saat akan menerapkan queue pada jaringan, dikenal dua rate atau alokasi bandwidth yang akan didapat oleh setiap klien, yaitu:

- Committed Information Rate (CIR), merupakan alokasi bandwidth terendah yang bisa didapatkan oleh sebuah PC klien jika lalu lintas data di jaringan sangat sibuk. Artinya seburuk apapun keadaan di jaringan tersebut, komputer klien tidak akan mendapatkan alokasi bandwidth di bawah dari CIR.
 
- Maximum Information Rate (MIR), merupakan alokasi bandwidth maksimum yang bisa didapatkan komputer klien. MIR biasanya akan didapatkan oleh klien jika ada alokasi bandwidth yang tidak digunakan oleh klien lain.

Sebagai contoh dengan menggunakan Simple Queue, di sini saya akan membatasi kecepatan internet klien.

Tes koneksi sebelum dilimitasi

 
Cek IP klien yang akan dilimitasi
 
 
Menu Queues

 
Tab Simple Queues - Klik tanda + berwarna biru
 
 
Tab General - Name = opsional - Target = IP klien yang akan dilimitasi - Max Limit Target Upload dan Target Download = opsional (sesuai kebijakan yang diberikan) - OK


Hasil


Tes koneksi setelah dilimitasi


Hanya satu klien yang terlimitasi, sedangkan klien lain yang berada dalam satu jaringan tidak terlimitasi


Tes koneksi


Sekarang lakukan limitasi per segmen. Tab General - Name = opsional - Target = segmen IP yang akan dilimitasi - Max Limit Target Upload dan Target Download = opsional (sesuai kebijakan yang diberikan) - OK


Hasil


Tes koneksi



Semoga tutorial ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar