Selasa, 07 April 2020

Konfigurasi Internet Mikrotik di VirtualBox


Melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang bagaimana cara Instalasi Mikrotik di VirtualBox, kali ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara konfigurasi Mikrotik agar dapat terhubung ke internet. Tapi sebelum itu, saya akan menjelaskan sedikit tentang topologinya. Dalam prakteknya apabila kita menggunakan koneksi internet dari ISP (Internet Service Provider), biasanya mereka menggunakan modem yang sudah mereka konfigurasi terlebih dahulu sebelum koneksi internet itu disebar ke PC klien. Kira-kira topologinya seperti gambar di bawah ini.


Karena di sini kita praktek menggunakan VirtualBox, maka fungsi modem digantikan oleh PC host. Jadi, router Mikrotik yang diinstal di VirtualBox akan terhubung ke PC host yang berfungsi sebagai modem (gateway) sebelum terhubung ke internet.

Untuk itu, maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah berbagi (share) adapter PC host yang terhubung ke internet. Di contoh ini, adapter PC saya yang terhubung ke internet adalah adapter wifi.


Klik kanan - Properties - Tab Sharing - Ceklis box Allow other network - Pilih Interface Virtual Box - OK


Setelah itu masuk ke interface VirtualBox, klik kanan - Properties


Ubah IP defaultnya (IP opsional). Di sini saya menggunakan IP 192.168.1.1/24


Setelah itu login Mikrotik menggunakan Winbox.


Di sini saya menggunakan 2 interface, interface pertama terhubung ke PC host, interface kedua terhubung ke PC klien. Tambahkan IP address di setiap interface. IP - Addresses


Klik tanda + untuk menambahkan IP. Interface pertama yang terhubung ke PC host dibuat satu segmen dengan PC host, interface kedua yang terhubung ke PC klien beri IP yang berbeda segmen dengan interface pertama. Di sini saya menggunakan IP 192.168.1.2/24 untuk interface pertama dan IP 172.17.1.1/24 untuk interface kedua.


IP Address


Setelah itu buat DNS. IP - DNS


Isi DNS dengan alamat IP PC host interface VirtualBox


Setelah itu buat NAT (Network Address Translation) yang berfungsi untuk menterjemahkan IP private yang ada di jaringan lokal kita menjadi IP public agar dapat mengkases internet. IP - Firewall


Pilih tab NAT - Klik tanda + untuk menambahkan rule


Tab General - Chain = srcnat - Out Interface = interface yang terhubung dengan PC host (di sini interface yang terhubung adalah ether1). Dalam prakteknya apabila kita menggunakan modem dari ISP, berarti interface yang terhubung ke modem itu sebagai Out Interface.


Tab Action - Action = Masquerade


NAT


Lanjut dengan menentukan routing ke internet. IP - Routes


Isi Dst. Address = 0.0.0.0/0 (mewakili semua IP yang ada) - Gateway = IP PC host - Apply - OK. Dalam prakteknya apabila menggunakan modem dari ISP, berarti IP Gateway adalah IP modem yang terhubung ke Mikrotik.


Route List


Tes koneksi. Klik menu New Terminal - ketik "ping google.com" (tanpa tanda kutip)


Router Mikrotik berhasil terhubung ke internet. Selamat mencoba dan semoga tutorial ini bermanfaat.

Selanjutnya adalah konfigurasi DHCP Server di router Mikrotik agar klien yang terhubung mendapat alamat IP secara otomatis dan terhubung ke internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar