Minggu, 01 Mei 2016

Backup Konfigurasi Mikrotik Otomatis


Melakukan backup konfigurasi mikrotik adalah salah satu hal yang penting agar kita tidak perlu bersusah payah melakukan konfigurasi ulang mikrotik apabila mikrotik ter-reset. Tapi tidak perlu juga backup konfigurasi itu dilakukan secara manual. Kita dapat melakukan penjadwalan backup mikrotik secara otomatis. Dan akan lebih baik lagi apabila file backup itu tidak hanya tersimpan di storage/disk internal saja, tapi file dapat otomatis tersimpan di cloud storage salah satunya yaitu email.

Ya disini saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan backup konfigurasi mikrotik secara terjadwal dan terkirim ke email secara otomatis. Disini saya menggunakan google mail.

Berikut adalah konfigurasinya.

Pertama kita lakukan setting smtp server agar dapat melakukan pengiriman email via router. Pada menu Tools - Email lakukan konfigurasi seperti dibawah ini.

Email Settings

Server = isikan dengan server smtp gmail
User = alamat email anda
Password = password email anda

Lalu ke menu System – Scripts, tambahkan script baru untuk melakukan backup router dan otomatis mengirimkannya ke email.

Scripts

Sesuaikan parameter send to=”isikan dengan alamat email tujuan” 
Dan untuk melakukan pengecekan apakah script sudah benar atau belum, dapat jalankan script secara manual dengan klik “Run Script”

Lalu ke menu System – Scheduler – Add untuk membuat schedule baru.

Schedule

Start Time = waktu backup konfigurasi
Interval = rentang waktu backup konfigurasi, disitu saya isikan dengan 7d artinya router
               melakukan backup otomatis setiap 7 hari. 
On Event = isikan dengan nama scripts

Setelah semua selesai hasilnya akan menjadi seperti ini.

Email Backup

Note : karena gmail memiliki security policy maka agar konfigurasi yang sudah disetting dapat berjalan dengan baik, kita harus mengaktifkan “Access for less secure apps” dan “Enable POP gmail”

Secure

POP

Selamat mencoba dan semoga tutorial ini bermanfaat.

Sumber : 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar