Senin, 18 April 2016

Instalasi Mikrotik di VMware


Bagi pemula seperti saya yang ingin belajar mikrotik tapi terkendala dengan budget untuk membeli sebuah RouterBOARD, ada cara lain yang dapat kita gunakan untuk belajar mikrotik dengan menggunakan sebuah mesin virtual. Mikrotik RouterOS adalah sebuah sistem operasi berbasis kernel linux yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer atau RouterBOARD menjadi sebuah router network dan memiliki fitur seperti Firewall, VPN, Bandwith Management dan lainnya.

Disini saya akan memberikan langkah-langkah instalasi Mikrotik RouterOS di VMware. Berikut beberapa hal yang harus disiapkan. 


Mari kita mulai, saya anggap VMware sudah terinstal di PC. Buka VMware Workstation, pilih FileNew Virtual Machine.


Pilih Typical Next


Pilih I will install the operating system later - Next.


Pilih Other – Version MS-DOSNext


Beri nama pada mesin virtual, optional. Pada bagian Location kita tentukan file akan kita simpan di folder mana, kalau disini file saya simpan di default foldernya. Lalu Next.


Lalu tentukan besar disk sesuai dengan kebutuhan. Disini saya tidak ubah, saya mengikuti defaultnya. Next.


Jangan klik Finish dahulu, pilih Customize Hardware.


Pada bagian ini dapat kita customize hardware sesuai dengan kebutuhan. Memory dapat kita ubah sesuai dengan kebutuhan. Disini memory saya ubah menjadi 64MB.


Klik New CD/DVD pada menu samping kiri, pilih Use ISO image file pada menu samping kanan. Lalu Browse.


Pilih file instalasinya, disini nama filenya adalah Mikrotik-5.20_Full_Lev6.


File instalasi sudah dipilih, lalu Close.


Finish.


Lalu pilih nama mesin virtual yang akan dijalankan pada menu samping kiri, lalu klik Power on this virtual machine.


Ketik “a” untuk memilih semua list yang ada.


Lalu ketik “i” untuk memulai proses instalasi.


Lalu ketik “y” untuk melanjutkan.


Setelah proses instalasi selesai, tekan Enter untuk restart sistem.


Ketik “N saja untuk melanjutkan.


Masuk ke sistem dengan menggunakan user Login : admin Password : kosongkan saja


Instalasi mikrotik sudah berhasil.


Selamat mencoba dan semoga tutorial ini bermanfaat.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar