Sabtu, 27 Juli 2013

Startup Sound Ubuntu 12.10 (Quantal Quetzal)


Berawal dari keinginan yang sederhana untuk mengganti default notification sound pada hp dengan startup sound ubuntu. Setelah lama googling dan tidak berhasil juga menemukan file *.mp3 nya, akhirnya saya convert sendiri file yang saya inginkan. File sound ubuntu ada di direktori /usr/share/sounds.

Di direktori ini banyak pilihan suara. Sayangnya ubuntu tidak mengenal file *.mp3, filenya rata-rata berekstensi *.wav *.oga dan *.ogg. File yang akan saya convert disini berekstensi *.ogg, maka itu diperlukan sebuah file converter untuk merubah dari *.ogg menjadi *.mp3. Oke kita mulai saja.

- Install dahulu sound converter via terminal

  sudo apt-get install soundconverter

- Install package "gstreamer0.10-plugins-ugly"

  sudo apt-get install gstreamer0.10-plugins-ugly

- Setelah sound converter terinstall, buka programnya via Dash Home -> Sound Converter


- Add File


- Tentukan file yang akan di convert, sebagai contoh disini saya memilih file dialog-question.ogg yang ada di direktori /usr/share/sounds/ubuntu/stereo.


- Lalu pilih tab Preference, tentukan folder untuk output file dan formatnya (*.mp3)


- Convert


- Output File



Oke, selamat mencoba

Bagi yang tidak ingin repot-repot mengkonversinya disini saya sudah sediakan file *.mp3 nya. Monggo diunduh.
desktop-login.mp3
dialog-question.mp3

Sumber :
http://ekosenakin.wordpress.com/2009/12/30/mengubah-file-audio-ogg-menjadi-mp3/
http://karim-ouda.blogspot.com/2012/08/solved-no-element-lamemp3enc-error-in.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar