Senin, 11 Februari 2013

Emulator Nintendo (NES) dan Super Nintendo (SNES) untuk Android

Masih ingatkah dengan konsol game ini?

Nintendo Entertainment System (NES)

Nintendo Entertainment System atau NES, adalah sebuah konsol permainan video 8-bit, yang pertama kali dirilis pada tahun 1985. dirilis oleh Nintendo di Amerika Utara, Brasil, Eropa, Asia dan Australia. Versi Jepangnya dikenal dengan nama Nintendo Family Computer atau Famicom. Di Rusia ia dinamakan Dendy. Menjadi konsol permainan paling populer saat itu di Asia dan Amerika Utara, NES membantu menghidupkan kembali industri permainan video setelah kerobohan permainan video tahun 1983. Dengan game Mario Bros yang meledak dipasaran, NES menjadi Console game yang sangat diminati pada saat itu.

Super Nintendo Entertainment System (SNES)

Super Nintendo Entertainment System, dikenal juga dengan Super Nintendo, dirilis pada tahun 1991. Super NES or SNES adalah konsol permainan video 16-bit yang dirilis oleh Nintendo di Amerika Utara, Brasil, Eropa dan Australia. Di Jepang ia dikenal dengan nama Super Famicom (Family Computer). Di Korea Selatan ia dikenal dengan nama Super Comboy dan didistribusikan oleh Hyundai Elecronics.

Dan game-game ini?

Super Mario Bros

Super Mario adalah salah satu wajah paling dikenal dari Nintendo. Si Tukang Ledeng dengan tinggi 5 kaki dan gemuk dari Brooklyn, New York yang tinggal di Kerajaan Jamur yang bertugas menyelamatkan Princess Peach dan Kerajaan Jamur dari tangan Si Raja Naga. Tetapi apakah kamu tahu nama aslinya adalah Jumpman? Itu benar, pada tahun 1981 Mario pertama kali muncul di Donkey Kong, tapi kemudian, ia pergi dengan nama Jumpman, tapi Mario digunakan sebagai namanya -Jumpman- dalam beberapa materi promosi. Nintendo terkejut dengan keberhasilan ekstrem game ini. Untuk menguji popularitas Mario, Nintendo merilis sebuah game arcade disebut Mario Bros, termasuk Mario dan saudaranya Luigi. Permainan ini merupakan keberhasilan besar bagi Nintendo. Karena keberhasilan baik Keledai Kong dan Mario Bros, pada tahun 1983, adalah ketika Nintendo merilis NES (Nintendo Entertainment System).

Captain Commando

Captain Commando adalah sebuah game yang dirilis tahun 1991 oleh perusahaan pengembang dan distributor permainan video Japan Capsule Computers (Capcom). Berlatar cerita  tentang masa depan yang penuh dengan kejahatan pada tahun 2026 di mana seorang superhero bernama Captain Commando yang dibantu oleh tiga sahabat setia Commando nya yaitu Mack Knife, Ginzu Ninja dan Baby Head, bangkit untuk melindungi Bumi dan semua Galaxy dari sekelompok penjahat super-powered.

Iya mungkin bagi saya pribadi yang merasakan masa kanak-kanak di tahun 90an sudah tidak asing lagi dengan konsol game ini. Nintendo adalah sebuah perusahaan multinasional yang didirikan tanggal 23 September 1889 di Kyoto, Jepang oleh Fusajiro Yamauchi untuk memproduksi kartu-kartu buatan tangan hanafuda, yang digunakan untuk permainan kartu Jepang dengan nama yang sama. Pada pertengahan abad kedua puluh, Nintendo mencoba beberapa bisnis khusus yang kecil, seperti sebuah penginapan asrama dan sebuah perusahaan taksi. Setelah beberapa tahun, Nintendo menjadi sebuah perusahaan permainan video, dan tumbuh menjadi salah satu di antara yang terbesar dalam industri ini. Di samping permainan video, Nintendo adalah pemilik mayoritas Seattle Mariners, sebuah tim Major League Baseball di Seattle, Washington. Pada tahun 2001, Nintendo juga membeli bagian yang cukup besar untuk Gyration Inc., sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri pada gyro dan sensor gerak. Saat ini, saingan utama Nintendo dalam bidang permainan adalah Sony and Microsoft.

Sayangnya konsol game ini sudah jarang saya temui atau mungkin bahkan sudah tidak ada lagi. Tapi tidak perlu khawatir, bagi saya dan bagi para pengguna android lainnya yang ingin bernostalgia dengan game-game Nintendo dan Super Nintendo, saya akan berikan link untuk mengunduh emulator dan rom nya.

Download Link untuk Emulator dan ROMs
https://www.box.com/s/mfxgqcau91lg4g1papl9

NES ROMs
http://romhustler.net/roms/nes

SNES ROMs
http://romhustler.net/roms/snes

Sumber :
http://gema-tkj1.blogspot.com/2012/01/sejarah-dan-perkembangan-nintendo.html
http://forum.kompas.com/gaming-world/221027-videografik-tentang-sejarah-konsol-konsol-nintendo.html
http://www.mercyfm.com/?p=400








7 komentar:

  1. Nes memang merupakan salah satu konsol melegenda pada zamannya dan masih banyak yang memainkan gamenya melalui software emulator baik itu di pc maupun di smartphone. Salam blogger. By admin ngage4all.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, hanya sekedar untuk melepas rindu aja sama game-game di konsol ini.
      Terima kasih udah mau mampir.

      Hapus
  2. perbedaan gba,nds atau sjnis nya pa sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. GBA = Game Boy Advance (32-bit)
      NDS = Nintendo Dual Screen (18-bit)
      sama-sama buatan nintendo, kalau untuk perbedaan mungkin dari segi graphics dan fitur game
      CMIIW

      Hapus
  3. Perbedaannya NES AMA SNES apa sih gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk singkatnya, NES itu Nintendo (8-bit), SNES itu Super Nintendo (16-bit)
      Diatas sih udah dijelasin sedikit perbedaannya gan, hehehe...

      Hapus